Cara mempercepat koneksi Internet pada jaringan Internet yang lambat, baik menggunakan WiFi atau SIM Telkomsel, Indosat .Pernahkah Anda mengalami koneksi internet yang lambat? Pasti sering tidak, lalu apa yang menyebabkannya dan bagaimana cara mengatasinya?

 

Kita akan membahas satu per satu, mulai dari penyebab koneksi internet lambat, cara mempercepat koneksi internet dan solusi untuk dilakukan

Terlepas dari semua itu, pertama-tama kita akan mendiskusikan penyebab Internet yang lambat

 

Cara Mempercepat Koneksi Internet

 

Penyebab Koneksi Internet Lambat

Ada banyak faktor yang menyebabkan koneksi internet lambat, mulai dari faktor lingkungan, faktor penyedia jaringan, dan faktor peralatan jaringan yang digunakan

 

  1. Faktorlingkungan

Berikut adalah beberapa faktor lingkungan yang dapat mengganggu koneksi internet, dan membuatnya lambat

Bidang frekuensi sinyal radio besar

 

Terlalu dekat dengan peralatan elektronik

Tidak cukup sinyal radio yang terjangkau / frekuensi sinyal lemah

Dekat denganPemancar Radio / PenyediaSinyal

Terlalu banyak sinyal WiFi

Terlalubanyakpohon / bangunan tinggi

Nah, faktor lingkungan di atas adalah faktor yang sering saya temui dan membuat koneksi internet yang lambat / lemah. Selanjutnya dari faktor penyedia jaringan,

 

  1. Faktor Penyedia

Jika Anda telah mengalami sinyal yang penuh dengan 4G tetapi koneksi internet Anda lambat, apa yang salah di sini? Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan masalah ini, faktor yang paling dominan berasal dari penyedia / penyedialayanan Internet.

Untuk mendiagnosi apakah itu memang dari penyedia, coba gunakan aplikasi speed test seperti aplikasi speed test dari ookla. Jika hasil yang diperoleh kurang dari 2Mbps, sudah pastibahwa koneksi internet lambat disebabkan oleh penyedianya.

Cara lain untuk menguji Internet adalah untuk mengganti jenis jaringan yang disukai kejaringan HSDPA atau 3G, dan mencoba untuk menggunakan kembali aplikasi speed test di atas. Jika dengan kecepatan jaringan HSDPA atau 3G, dapat lebih dari 2Mbps, maka frekuensi sinyal 4G yang dalam kesulitan, segera laporkan kepenyedia layanan pelanggan yang terkait.

 

  1. FaktorPeralatanJaringan

Faktor ini juga sering terjadi, terutama untuk pengguna wifi berlangganan, seperti Indihome, Biznet, dan penyedia internet lainnya. Satu perangkat yang merupakan penyebab utama adalah modem yang digunakan.

Jika Anda melakukan keluhan tiket, pasti hal pertama yang disuruh memulai kembali modem selama beberapa menit. Ini memang keluar pertama jika koneksi internet Anda melambat / bermasalah .Jika setelah memulai kembali modem, koneksi internet Anda masih melambat maka ada faktor-faktor lain yang mungkin terjadi, salah satunya adalah gangguan massa.

Gangguan massa ini disebabkan oleh banyak faktor, seperti kabel seratoptik yang rusak, gangguan listrik, dan kutub runtuh. Satu-satunya hal yang dapat Anda lakukan adalah menunggu gangguan massa ini diselesaikan.

 

Mempercepat koneksi internet

Nah, berikut adalah hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk mempercepat koneksi internet.

 

  1. Tempatkan router di posisi yang tepat

Tempat terbaik untuk router ada di tengah rumah atau kamar, dan di atas meja atau rak dari diletakkan di lantai. Memiliki router di dinding bebas terbuka dan penghalang – bantuan. Yang terbaik adalah membatasi jumlah dinding dan sudut yang harus dilintasi oleh sinyal. Menempatkannya di tengah rumah adalah cara optimal untuk menghindari bintik-bintik hitam.

 

  1. Jauhkan modem dari perangkat elektronik

Sebagian besar dari Anda menyimpan router di dekat televisi atau telepon, ini akan menghambat sinyal. Yang terbaik adalah mengatur router terpisah dari perangkat elektronik lain, speaker, TV, monitor, dan kabel daya AC.

 

 

  1. Rutin untuk me-restart router

Lakukan restart router,itu juga salah satu cara untuk mempercepat koneksi internet.

Selain ketiga hal tersebut diatas,tentunya dapat dilakukan dengan menggunakan infrastruktur teknologi yang lebih modern.

 

By toha