Dimungkinkan untuk membeli obat bebas tanpa resep dokter, karena sudah tersedia di apotek. Obat-obatan ini mudah diakses, apakah anda membelinya secara online atau dari apotek setempat. Namun, karena kemudahan obat bebas yang dapat dibeli, banyak orang gagal untuk menemukan penyebab gejala mereka dan melanjutkan untuk sembarangan membeli obat.
Mengkonsumsi obat bebas dapat membantu meringankan beberapa gejala, tetapi mereka tidak mengatasi penyebab penyakit. Sekali lagi, jika dikonsumsi secara tidak benar, obat bebas menimbulkan bahaya kesehatan. Obat bebas dapat memiliki efek samping yang serius jika tidak digunakan dengan benar.

1. Reaksi Yang Merugikan

Efek samping dari obat bebas akan segera terasa. Risiko efek samping meningkat ketika obat bebas dikonsumsi melebihi dosis yang dianjurkan. Untuk memulai, perlu membiasakan diri dengan instruksi obat dan persyaratan dosis.

2. Kontraindikasi Obat

Orang dengan riwayat penyakit berisiko lebih besar terkena kondisi penyebab penyakit sebagai akibat dari penggunaan obat bebas yang tidak tepat. Anda yang menderita hipertensi harus menghindari minum obat flu dekongestan, misalnya.
Tidak sulit untuk melihat alasannya, obat ini dapat meningkatkan tekanan darah.

3. Interaksi Antara Obat

Mengambil obat yang dijual bebas secara tidak benar juga dapat menyebabkan interaksi obat. Misalnya, Produk atau suplemen herbal, serta minuman beralkohol, dapat berinteraksi dengan obat bebas. Jika ini terjadi, obat-obatan yang dijual bebas dianggap tidak efektif dalam tubuh dan bahkan dapat mengakibatkan terjadinya efek samping yang berbahaya.

4. Penggunaan dosis obat yang tidak tepat

Ketika membeli obat, Anda dapat membelinya di apotek atau toko obat, serta di banyak kios di sekitar lingkungan Anda. Untuk mendapatkan dosis obat yang tepat, Anda harus membaca instruksi pada label kemasan. Dosis obat yang tidak tepat dapat berdampak negatif pada kesehatan jika dikonsumsi terlalu sering.
Ada sejumlah efek samping negatif, termasuk detak jantung dan tekanan darah yang tidak stabil, kurang fokus, sesak napas hingga nyeri dada dan bahkan keracunan, jika Anda melebihi dosis yang dianjurkan obat ini. Dalam jangka panjang, ini dapat menyebabkan kerusakan organ jika Anda terus melakukannya.

Itu tadi beberapa resiko konsumsi obat bebas secara sembarangan. Untuk itu, membaca label dan menggunakan dosis yang tepat saat mengkonsumsi obat bebas lebih disukai. Selain membaca kemasan produk, lihat petunjuk penggunaannya. Pembelian obat bebas sekarang mungkin melalui internet juga. Namun, gunakan hanya Apotek Online terkemuka seperti Apotek24Jam saat beli obat online. Apotek ini tidak hanya menjual obat bebas, tetapi juga memungkinkan pelanggan untuk membeli obat yang memerlukan resep dari dokter mereka. Aptek24jam.id memiliki Apoteker berpengalaman di tangan untuk menjawab pertanyaan yang mungkin anda miliki.

By mirfan