Pada musim pandemi ini, melakukan proses daftar kartu Prakerja gelombang 14 adalah sebuah hal yang akan sangat membantu masyarakat Indonesia lainnya untuk memiliki kemampuan yang berguna dan juga membantu perekonomian.

Apakah kamu juga tertarik untuk melakukan pendaftaran kartu pra kerja? Kamu bisa memulainya dengan cara mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai bagaimana cara untuk mendaftar kartu pra kerja gelombang 14 ini. Simak di sini, ya!

Apa Itu Kartu Prakerja?

Kartu pekerja adalah sebuah program yang diselenggarakan oleh pemerintah, di mana kamu bisa mendaftarkan diri dan mengakses banyak pelatihan daring. Bukan hanya mendapatkan ilmu, para peserta yang lolos kartu prakerja juga akan mendapatkan insentif. Insentif ini bisa kamu pakai untuk membayar berbagai macam pelatihan yang disediakan dan juga dicairkan untuk kebutuhan sendiri. Program ini adalah angin segar dalam kondisi pandemi yang amat tidak menentu.

Bagaimana Cara Daftarnya?

Pertama-tama, kamu bisa membuka situs prakerja.go.id. Setelah itu kamu harus mendaftarkan diri untuk mendapatkan akun dan bisa login ke sana. Langkah selanjutnya adalah dengan verifikasi nomor KTP dan nomor ponsel, kemudian tes motivasi dan kemampuan dasar. Hasil tes kemudian akan dievaluasi dan kamu bisa melihat hasilnya di dashboard akun Prakerja.

Jika kamu adalah rekan dan mitra Gojek, kamu bisa mendaftarkan diri dengan menggunakan alamat surel serta nomor yang sudah terdaftar di Gojek sehingga kamu bisa mendapatkan insentif melalui akun GoPay-mu.

Cara Upgrade GoPay Pekerja (GoPay Plus)

Apabila kamu ingin mencairkan insentif melalui GoPay kamu harus mengupgrade akun GoPay menjadi GoPay Plus. Cara upgrade GoPay pekerja ini mudah. Ikuti beberapa langkah ini:

  • Klik Lainnya pada GoPay
  • Pilih Upgrade ke GoPay Plus
  • Ambil foto kartu identitas dan ambil foto wajah kamu yang sedang selfie bersama kartu itu
  • Klik Upgrade Sekarang

Ada begitu banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari GoPay Plus seperti misalnya bisa meningkatkan saldo hingga Rp10 juta dan mentransfer saldo ke akun bank.

Bagaimana Proses Pencairan Prakerja Lewat GoPay?

Apabila kamu sudah meng-upgrade akun menjadi akun GoPay Plus,  kamu hanya perlu mencairkan insentif tersebut dengan memasukkan nomor rekening bank. Setelah itu uang akan secara otomatis di transfer ke bank yang sudah kamu daftarkan.

Kisah Inspiratif Bertahan Berkat Kartu Prakerja

Sebelum pandemi, Ina merupakan seorang perempuan yang bekerja di agensi. Pada tahun 2020, kantornya melakukan pengurangan karyawan besar-besaran dan Ina termasuk salah satunya. Di tengah kekalutan tersebut, Ina menemukan pengumuman bahwa pemerintah mengadakan program kartu prakerja. Ia pun kemudian mendaftar ke sana dan diterima.

Setelah itu, Ina bisa merasakan manfaat berbagai macam pelatihan yang ada di sana untuk meningkatkan kemampuannya. Insentif yang diterima dapat digunakan untuk menyambung hidup. Sementara itu, kemampuan yang ia dapatkan melalui pelatihan dari membuatnya berani untuk mencoba berbagai pekerjaan lepas baru yang ia temukan di akun akun freelancer luar negeri.

Sekarang, Ina sudah kembali diterima di sebuah agensi dengan gaji yang lebih besar ketimbang gaji yang pernah ia terima di agensi sebelumnya.

Ada begitu banyak manfaat dari kartu Prakerja, terlebih apabila kamu memiliki akun Gojek. Untuk kamu yang sudah berusia di atas 18, tidak bekerja, dan juga tidak sedang berkuliah, kamu bisa mendaftar kartu Prakerja ini dan mengambil banyak manfaat dari sana.

Meta-deskripsi: Kamu bisa mendapatkan pelatihan dan insentif dengan melakukan daftar kartu Prakerja gelombang 14. Berikut adalah beberapa caranya.

By Ningrum