Kalau mendengar istilah jaringan hub dan jaringan switch, mayoritas orang-orang pasti akan berpandangan bahwa jaringan hub dan switch sama persis dengan wi-fi portable 4G lite. Dan gak sedikit juga nih yang mikir bahwa jaringan hub dan dan jaringan switch ini adalah ‘sama’. Padahal sebenarnya, beda loh. Perbedaan tersebut mulai dari fungsi, definisi, kecepatan transfer data sistem keamanan sistem kerja harga hingga sistem OSI layer.

Jadi buat kamu yang selama ini selalu berpikiran bahwa jaringan hub dan jaringan switch ini sama, sudah nggak boleh salah lagi ya. Nah, buat lebih jelasnya, yuk perhatikan penjelasan singkatnya berikut.

Perbedaan simple jaringan hub dan jaringan switch

Hub juga kerap disebut sebagai network hub. Network hub merupakan perangkat keras yang dipakai atau dimanfaatkan sebagai penghubung komputer yang satu ke komputer yang lain dengan satu jaringan. Sehingga, keduanya dapat bertukar informasi.

kompiwin

Sementara jaringan switch berfungsi untuk bertukar informasi ke perangkat apapun yang memang sudah diberikan kaset dan biasanya jaringan switch banyak sekali digunakan pada perangkat Pusat yang akan dimanfaatkan untuk memverifikasi data.

Baca Juga: Apa itu jaringan hub dan jaringan switch

Jadi sudah sangat jelas ya bahwa keduanya adalah hal yang berbeda. Nah Jika kamu membutuhkan jaringan dengan kecepatan transfer data yang singkat, maka kami sarankan untuk menggunakan jaringan switch hanya saja harganya memang terbilang lebih tinggi dibandingkan dengan jaringan hub. Demikian sekilas penjelasan terkait Apa itu jaringan hub dan jaringan switch semoga bermanfaat

By dzail