Bandung yang dijadikan sebagai ibu kota dari provinsi Jawa Barat ini memang memiliki daya tarik dari berbagai tempat wisata alamnya yang melimpah, maka dari itu Bandung sangatlah popular di kalangan masyarakat. Namun bukan hanya itu, bandung juga sangat terkenal akan wisata kulinernya yang sangat menggiurkan. Olahan dari aneka makanan tradisional hingga modern amat mudah untuk dijumpai disini. Masyarakat di kota kembang ini juga dikenal memiliki kreativitas dan juga inovasinya yang tinggi, sehingga tak heran bila Bandung mempunyai banyak aneka jajanan yang menarik juga pastinya lezat. Walaupun sebagaian besar jajanan khas bandung ini makanan tradisional, akan tetapi bisa di sulap menjadi suatu makanan yang menarik juga memiliki cita rasa yang mewah, sehingga tidak kalah saing dengan jajanan modern lainnya. Oleh karna itu, bagi para traveler nih khususnya sangat wajib untuk menyantap beberapa makanan atau jajanan khas bandung yang tidak bisa dilewatkan, ditambah lagi dengan harga yang terjangkau. Untuk itu, artikel kali ini akan membahas beberapa aneka jajanan khas Bandung yang bisa kalian coba saat berada di kota kembang ini.

Karedok dan lotek, jajanan ini memang sangat popular dan mudah untuk ditemui di Jawa Barat, khususnya Bandung, mulai dari warung makan sunda hingga restoran besar. Makanan ini terbuat dari berbagai sayuran, seperti kol, tauge, mentimun, daun kemangi, labu, kangkung dan sayuran lainnya. Kemudian dicampur oleh bumbu kacang yang dibuat dari cabai merah, kencur, bawang putih, air asam, garam, gula jawa, kacang tanah dan penyedap rasa. Perbedaan karedok dan lotek terdapat pada sayurannya dimana karedok menggunakan sayuran yang mentah, sedangkan lotek dengan sayuran yang matang, lotek juga biasa disajikan dengan bawang goreng yang ditabur diatasnya, juga dengan lontong ataupun nasi hangat dan tidak lupa dengan krupuk agar menambah cita rasa yang amat lezat.

Lalu ada cilok dan cimol, jajanan satu ini berbahan dasar yang sama yaitu menggunakan tepung kanji atau yang sering kita sebut dengan tepung aci. Cilok dan cimol ini dibuat dengan bentuk bulat seperti bakso, kemudian biasanya cilok dan cimol disajikan dengan menambahkan berbagai isian, seperti daging cincang, telur, sosis atau yang lainnya. Selain dikukus cilok juga bisa disajikan dengan dibakar yang diatasnya dilumuri dengan saus sambal juga kecap bahkan bisa juga dengan bumbu kacang. Dan berbeda dengan cimol, cimol ini dibuat dengan cara digoreng yang disajikan dengan bumbu kering seperti bubuk keju, asin, pedas, namun bisa juga ditambahkan saus kacang sesuai selera.

Kemudian untuk jajanan satu ini biasa dijual dipagi hari dan dapat kita temui dimanapun itu disetiap penjuru kota bandung, yaitu jajanan tradisional yang bernama serabi. Jajanan ini berbahan dasar dari tepung beras yang dimasak diatas tungku yang menggunakan cetakan khusus yang terbuat dari tanah liat. Surabi ini berbentuk tebal dan bundar, selain surabi polos, jajanan satu ini juga bisa disajikan dengan toping diatasnya, seperti oncom, telur, nangka, coklat, keju hingga sosis dan puluhan topping lainnya yang pastinya membuat jajanan tradisional satu ini menjadi jajanan yang mewah, dimana bisa bersaing dengan jajanan modern lainnya yang menarik. Dan terakhir, salah satu jajanan yang sangat terkenal diBandung adalah bandros, yaitu olahan makanan yang terbuat dari tepung terigu dan santan kelapa, jajanan satu ini juga tak kalah lezatnya dengan surabi, karna memiliki cita rasa yang lembut, gurih dan juga garing diluar yang tentunya sangat menggiurkan.

By Ningrum