Ketika hendak pergi liburan atau travelling, berkemas atau packing dengan menggunakan koper adalah hal yang wajib untuk dilakukan. Aktivitas ini menuntut kita untuk lebih bijak memilih barang apa saja yang harus dibawa saat liburan.

Tak jarang, banyak orang merasa bahwa semua barang harus dibawa saat liburan. Saking banyaknya barang dan terburu-buru saat menyusun barang di koper, alhasil isi koper pun jadi berantakan dan berat untuk di bawa.
Supaya koper tetap rapi dan nggak berat saat dibawa travelling, coba deh untuk ikuti tips-tips di bawah ini. Dijamin deh koper bakal rapi dan pastinya ringan dibawa.

packing

1. Pilih koper ukuran kecil sampai medium
Salah satu hal penting yang harus kamu lakukan sebelum travelling dan menyusun barang ialah memperhatikan ukuran koper. Koper berukuran besar akan membuat kita merasa, banyak barang yang bisa dibawa. Alhasil, koper pun jadi berat karena banyak isinya.

Ada baiknya untuk memilih koper berukuran kecil sampai dengan medium. Dengan begini, kamu akan dituntut memilah dan memilih pakaian apa saja yang dibawa. Usahakan membawa pakaian yang ringan daripada baju berbahan tebal.

2. Sesuaikan barang
Salah satu tips mengemas barang di koper agar rapi ialah menempatkan barang yang dibawa berdasarkan kategorinya. Misalnya, untuk peralatan mandi, letakkan dalam satu tas sendiri. Begitu juga untuk skincare, taruhlah di wadah tersendiri. Coba juga sediakan tempat untuk pakaian kotor. Dengan begini, maka koper akan rapi dan mudah diambil.

3. Gulung baju
Kebanyakan orang akan memasukkan bajunya di koper dalam keadaan dilipat. Tapi taukah kamu, ternyata cara ini justru membuat koper jadi penuh. Ada baiknya jika pakaian yang dibawa digulung, sehingga porsi dalam koper bisa sedikit berkurang. Kamu bisa menyatukan outfit yang akan digunakan per harinya dalam satu gulungan agar lebih mudah.

4. Pindahkan sebagian barang ke travel size
Agar koper bisa muat banyak pakaian, kamu bisa memindahkan beberapa peralatan ke tas travel size, seperti peralatan mandi. Kamu juga bisa memilih peralatan mandi atau produk botolan. Sehingga jika produk itu habis, maka bisa langsung dibuang.

5. Manfaatkan sisi koper
Sisi koper yang berlebih, bisa kamu isi dengan barang-barang kecil seperti kaus kaki yang digulung. Tak hanya jadi lebih praktis, cara ini juga akan membuat barang-barang tak mudah berantakan di koper.

By Ningrum