Berbicara tentang Surabaya tidak akan berakhir. Berbagai jenis kuliner di Surabaya bisa Anda temukan yang sangat sayang. Selain itu, jika sedang berada di Surabaya jangan lupa untuk mencicipi jajanan khas kota ini.

Pasalnya, di kota ini terdapat beragam jajanan unik yang mungkin tidak bisa ditemukan di kota lain.

1. Pentol

Jajanan khas Surabaya ini sebenarnya hampir sama dengan bakso. Hanya umbi yang tidak dimakan dengan sausnya. Di Surabaya banyak sekali pedagang pentol yang tersebar di seluruh penjuru kota. Salah satu umbi yang paling terkenal adalah Cempaka Pentol.

Sedang mencari info lowongan kerja di surabaya? Anda bisa kunjungi tautan tersebut untuk info lebih lengkapnya.

Popularitas Pentol Cempaka bahkan menarik penikmat makanan dari kota lain. Tekstur umbi sebenarnya lebih kenyal dari pada bakso karena lebih banyak mengandung pati. Selain itu umbi juga bisa disajikan dengan tahu dan digoreng. Tambahkan saus tomat, sambal, dan kecap manis agar camilan ini terasa lebih enak.

2. Tauwa

Salah satu jajanan di Surabaya yang menyesuaikan dengan makanan khas orang Tionghoa adalah tauwa. Tampilan sajian ini tampak seperti puding putih lembut dan susu, lalu disajikan dengan kuah jahe yang nikmat. Tauwa adalah kecap murni. Biasanya saat penyajian pedagang tahu juga menambahkan kacang kedelai.

3. Kue tok

Kue basah ini hanya bisa Anda temukan di Surabaya. Meski di beberapa kota lain sudah banyak kue ini yang sudah dijual, namun masih lebih mudah mencari token kue saat berada di Surabaya. Cheesecake yang kenyal ini terbuat dari tepung ketan. Bagian bawah kuenya dilapisi dengan daun pisang. Lalu, isi kue tok ini biasanya berupa kacang hijau.

4. Klanting

Bicara tentang jajanan khas Surabaya yang tak terlupakan. Klanting merupakan jajanan tradisional yang bentuknya mirip cendol raksasa. Rasanya kenyal dan warnanya sangat cerah. Camilan yang juga dikenal dengan nama cenil ini terbuat dari pati singkong yang direbus kemudian diberi pewarna makanan sesuai selera.

Agar rasa klanting semakin gurih, penjual akan menambahkan kelapa parut dan gula merah di atasnya. Kalau lapar, makan sajian klanting bisa bikin kenyang lho. Pasalnya, jajanan ini berbahan dasar singkong yang merupakan sumber karbohidrat.

6. Bubur Madura

Bubur madura berasal dari madura, namun makanan ringan ini banyak dijual di madura. Selain itu, waktu tempuh Surabaya-Madura sekitar 10-15 menit dari Jembatan Suramadu sebagai penghubung.

Bubur Madura ini bisa kamu temukan di berbagai tempat di Surabaya. Namun bubur Madura yang paling terkenal di Surabaya ada di Pasar Atom dan di depan Sate Kelapa Ondomohen.

7. Kue Dollar

Sedang mencari snack yang renyah dan manis untuk menemani perjalanan Anda selama di Surabaya? Kue dolar sepertinya camilan yang sempurna untuk Anda. Ini adalah kue yang sangat bulat dan tipis. Bentuknya yang mirip dengan koin kuno, maka dari itu dinamai kue dolar.

Jika sedang di Surabaya cobalah mampir ke Pasar Atom untuk membeli kue dollar. Meski saat ini sudah banyak penjual kue dollar yang bertebaran di Surabaya, namun kue dollar terbaik ada di Pasar Atom. Cookies ini hadir dalam berbagai rasa, mulai dari coklat, keju, wijen, vanilla, dan jahe.