Memiliki kuku yang cantik dan sehat adalah dambaan setiap wanita. Karenanya banyak dari mereka tak segan-segan melakukan perawatan di salon untuk menjaga kecantikan kukunya. Menjadi bagian tubuh yang selalu terlihat membuat kuku harus selalu dijaga kesehatan dan kebersihannya.

Kuku yang sehat dan bersih akan membuat penampilan Anda semakin menarik dan menjadi nilai plus. Selain itu, kuku yang bersih dan sehat juga dapat menghindarkan Anda dari berbagai penyakit. Berikut 6 cara alami yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kuku tetap sehat dan cantik.

Apakah Anda sedang mencari distributor alat kesehatan jakarta? Jika iya, bisa kunjungi tautan tersebut.

1. Olesi kuku dengan minyak zaitun

Minyak zaitun selalu muncul saat kita membahas masalah kecantikan, sekaligus merawat kecantikan kuku. Kandungan minyak zaitun membantu memperkuat jaringan pada kuku sehingga mampu menjaga kesehatan kuku.

Cara perawatannya cukup mudah yaitu dengan memanaskan minyak zaitun kemudian dioleskan pada kuku dengan menggunakan pisau potong. Diamkan selama 15-20 menit, setelah dibilas dengan air hingga bersih.

2. Rendam dengan air jeruk

Jika kuku Anda mulai terlihat kusam dan tidak lagi bersinar, tidak perlu repot ke salon untuk mengembalikan kilau. Anda bisa melakukan perawatan sederhana di rumah. Perawatannya dengan merendam kuku dalam air jeruk. Siapkan air hangat dalam wadah, lalu campurkan jus jeruk ke dalamnya. Rendam kuku Anda selama 15-20 menit, lalu bilas dengan air bersih untuk menghilangkan rasa lengket akibat jus jeruk.

3. Gosok kuku dengan belimbing wuluh

Vitamin C pada belimbing wuluh dapat meningkatkan kelembapan alami kuku. Selain itu, belimbing juga dapat menghilangkan kotoran yang menempel pada kuku, sehingga dapat membuat kuku terlihat bersih dan berkilau.

Cara menggunakannya adalah dengan mengusapkan lembut belimbing wuluh sampai ke ujung kuku agar airnya bisa meresap ke dalam dan menghilangkan kotoran dari kuku. Kemudian gosokkan secara merata pada bagian kuku yang lain, setelah dibilas dengan air bersih.

4. Lendir dari lidah buaya

Lendir lidah buaya mampu melembabkan kembali kuku yang mengalami dehidrasi. Selain itu, lendir lidah buaya juga bisa mempercepat penyembuhan luka di tepi kuku, lho! Jadi jika Anda memotong kuku Anda terlalu dalam hingga terasa sakit maka yang harus Anda lakukan hanyalah mengoleskan lendir lidah buaya.

Luka bisa sembuh dengan cepat, sekaligus merawat kuku agar tetap sehat. Cara penggunaannya sama dengan belimbing wuluh yaitu dengan mengoleskan lidah buaya yang telah dibelah pada kuku dan daerah sekitarnya. Kelembaban dan kilau kuku akan kembali.

5. Siung bawang putih

Meski perawatan menggunakan siung bawang putih bisa membuat Anda merasa tidak nyaman dengan baunya, namun perawatan dengan cara ini memiliki banyak manfaat dan mencegah dari berbagai masalah kuku yang sering kita temui, lho! Perawatan kuku dengan menggunakan bawang putih dapat menjaga kuku agar tidak rapuh, retak atau patah. Bawang putih juga melindungi kuku Anda dari serangan jamur kuku yang akan merusak penampilan kuku Anda.

Pengobatan dengan bawang putih dilakukan dengan cara menggosok bawang putih cincang secara perlahan dan merata. Diamkan dan biarkan isi bawang putih meresap ke dalam kuku. Lakukan perawatan ini saat Anda tidak ada rencana untuk keluar rumah, karena bau bawang putih bisa menurunkan rasa percaya diri bagi sebagian orang.

6. Rawat kuku dari dalam

Setelah perawatan kuku dari luar, langkah selanjutnya adalah merawat kuku dari dalam. Yaitu dengan mengkonsumsi makanan atau minuman yang baik untuk kuku. Diantaranya dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang banyak mengandung kalsium, seperti yogurt, susu, keju, dan lainnya.

Yuk ketahui juga mesin anastesi dalam dunia medis.

Meski perawatan menggunakan siung bawang putih bisa membuat Anda merasa tidak nyaman dengan baunya, namun perawatan dengan cara ini memiliki banyak manfaat dan mencegah dari berbagai masalah kuku yang sering kita temui, lho!

Merawat kuku dari dalam Selain mengkonsumsi sayuran yang banyak mengandung zat besi dan juga vitamin A. Mengkonsumsi buah buahan juga baik untuk kuku karena mengandung berbagai vitamin yang baik untuk kuku.

Itulah tips merawat kuku agar selalu terlihat sehat dan cantik serta berkilau. Jangan lupa untuk selalu memotong kuku secara rutin, agar tampilan kuku menjadi lebih menarik dan memaksimalkan penampilan Anda.

By ansyah