Redakan Alergi, 5 Khasiat dan Manfaat Daun Kumis Kucing
source gambar : popbela.com

Rumah kamu akan terlihat asri saat ditanami banyak tumbuhan. Mulai dari buah – buahan, tanaman berdaun, hingga bunga bisa kamu jadikan pilihan. Mungkin tanpa disadari, ternyata dari sekian banyak tumbuhan yang hidup di pekarangan terdapat tanaman obat keluarga yang berguna sebagai penyembuh alami.

Tanaman obat keluarga adalah tumbuhan berupa daun, bunga, atau lainnya yang mengandung zat aktif untuk meredakan atau menyembuhkan penyakit. Tanaman ini kerap disebut sebagai tanaman obat herbal keluarga dan sangat beragam jenisnya.

Manfaat dari tanaman obat herbal keluarga ini juga sangat beragam, mulai dari menyembuhkan flu hingga penyakit serius lainnya. Setelah dipetik atau dipanen, tanaman obat herbal keluarga tersebut kemudian diolah sedemikian rupa untuk digunakan.

Lantas, kira – kira apa saja yang tanaman obat herbal keluarga yang biasanya ada di pekarangan rumah? Yuk cari tahu, dengan menyimak ulasan lengkapnya dibawah ini !

  1. Pepaya

Kamu tentunya sudah tahu kan kalau buah pepaya ini sangat bermanfaat untuk pencernaan? Nah, saat salah satu anggota keluarga di rumahmu mengalami sulit buang air besar (BAB), anjurkan ia untuk mengkonsumsi buah pepaya ini.

Pepaya mengandung serat yang sangat tinggi sehingga baik untuk pencernaan. Tidak hanya daging buahnya saja yang bermanfaat, namun daun pepaya juga dipercaya merupakan tanaman herbal yang bisa dijadikan obat.

  1. Jeruk Nipis

Tidak sedikit orang yang menanam jeruk nipis di pekarangan rumahnya, mungkin kamu juga salah satunya. Jika sudah berbuah lalu dipanen, jeruk yang mengandung vitamin C tinggi ini bisa dimanfaatkan sebagai campuran sambal hingga minuman teh.

Kamu yang mengkonsumsi tanaman herbal rumahan ini bisa terhindar dari beberapa penyakit seperti vertigo, batu ginjal, tekanan darah tinggi, radang tenggorokan dan batuk, amandel, ambeien, difteri, dan panu.

Atau kamu juga bisa menjadikan air perasan jeruk nipis sebagai minuman untuk mengencerkan dahak.

  1. Jambu Biji

Jambu biji adalah salah satu tanaman buah yang mudah berkembang di tiap rumah Indonesia. Selain memiliki rasa yang enak dan aroma yang manis, ternyata jambu biji juga termasuk sebagai tanaman obat herbal keluarga.

Jambu biji bisa dijadikan obat alami untuk mengatasi beberapa penyakit seperti kerusakan organ akibat radikal bebas, melindungi organ jantung dan mencegah penyakit jantung, menekan tensi, membantu menurunkan tekanan kolesterol, dan menaikkan kolesterol HDL yang baik.

  1. Kumis Kucing

Bunga – bunga cantik yang menghiasi pekarangan rumah kamu pun ternyata menyimpan khasiat mujarab untuk penyembuhan.

Salah satu bunga cantik yang termasuk tanaman obat herbal adalah tanaman kumis kucing. Bunga ini memiliki warna putih dengan bentuk memanjang layaknya kumis dari hewan kucing. Bunga kumis kucing memiliki banyak manfaat untuk kesehatan antara lain mengobati penyakit – penyakit yang berhubungan dengan organ ginjal, serta menyembuhkan diabetes, hipertensi, dan asam urat.

  1. Bunga Matahari

Bunga matahari bisa memberikan tampilan yang hangat di pekarangan rumahmu. Selain itu, ternyata bunga matahari juga mengandung banyak manfaat lain baik dari biji maupun dari minyak yang dimilikinya.

Biji bunga matahari dipercaya ampuh untuk membantu mencegah keram otat, menjaga kesehatan kulit, mencegah osteoporosis, mengurangi sakit pada kelapa, dan mencegah diabetes.

Sementara minyak bunga matahari bermanfaat untuk memberikan nutrisi baik bagi yang sedang diet karena mengandung omega-6, dan bisa menjadi obat anti inflamasi.

Jika kamu ingin menanam dan membudidayakan tanaman obat herbal diatas, kamu hanya perlu menyiapkan lahan yang cukup di rumah.

By sartika