Menemukan seorang anak untuk dapat mendengarkan adalah situasi yang sulit. Namun, gangguan pendengaran tidak membatasi anak Anda untuk belajar dan berkomunikasi. Dengan penanganan dan pelayanan yang tepat, balita dapat berkembang seperti anak lainnya. Berikut adalah beberapa hal yang dapat membantu.

1. Dapatkan penanganan lebih awal

Untuk kondisi gangguan pendengaran, pengobatan dini adalah kuncinya. Ini berarti menggunakan alat bantu dengar atau perangkat lain agar dapat mendengarkan. Otak bayi berkembang pesat, dan sangat penting agar rangsangan suara yang masuk ke otak bisa cepat.

Sedang mencari alat bantu dengar? bisa kunjungi pusat alat bantu dengar aqm-hearingcenter.com

Anak-anak yang mendengar suara pertama kali cenderung tumbuh pada usia yang sama. Sekarang semua bayi biasanya menjalani tes untuk memeriksa pendengaran mereka setelah lahir. Ini berarti bahwa jika Anda memiliki masalah pendengaran, maka Anda dapat menggunakan alat bantu dengar Anda segera setelah Anda beberapa minggu lebih muda.

Sangat penting untuk memilih audiolog anak bersertifikat. Bahkan anak dengan gangguan pendengaran yang parah dapat menyesuaikan diri dengan temannya pada usia 5 atau 6 tahun jika mereka memiliki implan koklea pada usia 1 atau 2 tahun.

Implan koklea adalah perangkat elektronik yang dimasukkan ke dalam telinga untuk membantu otak memproses suara. Dokter THT akan menjelaskan mengapa perangkat ini adalah cara terbaik bagi seorang anak untuk dapat mendengarkan.

2. Gunakan layanan intervensi dini

Sekitar 95% orang tua dari anak yang mengalami gangguan pendengaran tidak boleh melihat hal yang sama dengan pria. Hal ini menuntut orang tua untuk belajar lebih banyak. Ini adalah program intervensi awal. Program ini akan membantu Anda mengoordinasikan semua layanan yang dibutuhkan anak Anda.

Yuk ketahui apa itu penyakit othematoma pada manusia.

Mendengarkan bayi yang kehilangan bayi harus melibatkan intervensi yang lebih cepat. Anda dapat menemukan program ini melalui rumah sakit terdekat. Anda akan bekerja dengan spesialis pendengaran, seperti ahli audiologi dan ahli patologi bahasa, untuk merencanakan layanan keluarga. Intervensi dini dapat memberikan dukungan kepada keluarga dan dapat mengajari Anda bagaimana membantu mengembangkan bahasa dan bicara anak-anak.

3. Cari dukungan untuk diri Anda

Jika Anda memiliki dukungan, semakin besar kemungkinan Anda untuk membantu anak-anak. Awalnya mengalami gangguan pendengaran bisa jadi sulit, sehingga keluarga membutuhkan dukungan emosional. Beberapa orang tua menganggap bahwa konsultasi sangat bermanfaat.

Kelompok pendukung orang lain. Ini akan membantu Anda berinteraksi dengan keluarga lain yang memiliki anak yang juga mengalami gangguan pendengaran. Ada banyak komunitas online, atau Anda dapat bertanya kepada dokter tentang grup di komunitas Anda. Banyak orang tua yang merasa bahwa berbagi pengalaman dengan keluarga bahwa dia telah banyak membantunya.

4. Eksplore suara dengan anak Anda

Mendengar suara dan kata-kata sejak usia dini akan membantunya mengembangkan bahasanya. Temukan cara sederhana untuk memperkenalkan suara baru setiap hari dengan:

  • Mainkan dengan bayi Anda yang mengajari Anda meniru, seperti permainan mengintip-a-boo. Game ini mengajarkan bayi Anda untuk berkomunikasi secara bergiliran.
  • Bicara tentang apa yang Anda lakukan. Misalnya, “Kita akan pergi ke rumah nenek”, atau “Ayah mencuci pakaian”.
  • Baca anak Anda. Ceritakan cerita tentang gambar-gambar dalam buku. Seiring bertambahnya usia, dorong dia untuk membagikan gambar yang Anda sebutkan. Atau mintalah anak Anda untuk memberikan nama-nama gambar tersebut.

5. Berbicara untuk anak Anda

Anda tahu apa yang terbaik untuk anak Anda. Jika rencana dan layanan untuk anak-anak yang diberikan oleh tim dokter atau pengasuh tidak dapat digunakan, ketahuilah. Tim kesehatan dan perawatan perlu bekerja dengan Anda untuk mencapai tujuan yang ingin Anda berikan untuk anak Anda.

Jika tidak, cari penyedia lain yang akan membantu. Berpartisipasi dalam mengatasi dan mengasuh anak dalam situasi ini adalah hal terbaik yang dapat Anda lakukan. Jadi jangan takut untuk memperjuangkan kebutuhan Anda, dan jangan berhenti mencari informasi tentangnya.

By ansyah