Penjelasan Secara Medis Kenapa Gigi Sering Ngilu Saat Memakai Kawat Gigi

Bagi Anda para pemakai behel atau kawat gigi, terkadang gigi tiba-tiba terasa ngilu. Jika di awal pemakaian memang wajar, tapi hal yang tidak wajar jika terjadinya terus berkelanjutan. Sebenarnya apa yang sedang terjadi pada gigi Anda?

Pemasangan behel bisa dikatakan sebagai salah satu cara terbaik untuk merapikan gigi. Sayangnya masih cukup banyak kekurangannya. Memang hal semacam ini sangat wajar terjadi. Perlu diakui juga bahwa tidak ada metode yang sempurna di dunia ini.

Apalagi pada saat ingin menyempurnakan struktur gigi yang sudah menancap kuat pada gusi. Terlebih lagi jika saat merapikan gigi usia Anda sudah cukup matang (remaja atau dewasa). Sudah pasti akar gigi yang tertancap pada gusi sudah semakin kuat lagi.

Wajar saja jika hal seperti ini memiliki dampak negatif. Meskipun tujuan awal dari pemasangan behel ini adalah untuk kesehatan. Sebenarnya tidak perlu terlalu mengkhawatirkannya. Pasalnya keadaan seperti halnya ngilu pada gigi ini adalah kondisi yang cukup umum. Terlebih lagi pada saat awal pemasangan.

Sebenarnya yang perlu dikhawatirkan adalah jika Anda masih sering merasa ngilu. Padahal behel sudah cukup lama terpasang. Jika mengalami kondisi semacam ini Anda patut waspada. Bisa jadi ada hal yang kurang beres terjadi pada gigi dan gusi.

Penyebab Utama Gigi Sering Ngilu

Penting untuk dipahami jika gigi sensitif dan sering ngilu terjadi karena lapisan email gigi semakin menipis. Kondisi semacam ini bisa disebabkan karena kondisi gusi yang tidak terlalu bagus atau sehat.

Artinya penurunan kesehatan gusipun bisa menjadi penyebab utama rasa ngilu pada gigi. Sebab jika seudah terjadi penurunan pada gusi, maka lama-kelamaan akan berdampak pada akar gigi yang mulai terkeropos.

Kondisi ini selanjutnya akan mengakibatkan rangsangan panas, dingin, atau asam bisa mengenai saraf secara langsung. Akhirnya timbullah yang namanya rasa ngilu berlebihan pada gigi.

Pada kondisi yang lebih parah lagi, penurunan gusi bisa memicu terjadinya permasalahan yang lebih serius lagi. Pada saat penurunan gusi terjadi terus-menerus, gigi akan goyang dan lama-kelamaan akan copot.

Salah satu penyebab utama terjadinya penurunan gusi ini adalah pemakaian kawat gigi. Sebab jika memakai behel secara otomatis akan ditarik. Artinya terjadi pergerakan dan pergeseran tulang.

Penuruanan gusi atau yang sering disebut dengan resesi gingiva ini juga bisa disebabkan oleh beberapa hal lain. Salah satunya adalah faktor usia. Artinya semakin lanjut usianya, kekuatan tulang gigi menjadi semakin menurun. Kondisi ini secara otomatis berakibat pada penurunan gusi juga.

Menumpuknya sisa-sisa makanan pada gigi dan celah gusi juga bisa menjadi sumber masalah lainnya. Jika tidak dibersihkan dengan baik maka akan mengakibatkan adanya plak dan lama-kelamaan akan menyebabkan karang gigi.

Ternyata kebiasaan menyikat gigi yang terlalu keras pun bisa mengakibatkan penurunan gusi. Sebab jika tekanan terlalu besar, struktur gigi bisa terganggu. Lalu bagaimana cara mengatasi penurunan gusi?

Cara paling mudah adalah dengan menyikat gigi secara rutin dua kali sehari. Dianjurkan setelah sarapan dan sebelum tidur. Sebab jika menyikat gigi terlalu sering juga tidak baik untuk kesehatan gigi. Kuncinya bukan terletak pada sesering apa Anda menyikat gigi, tetapi sebersih apa Anda saat menyikat gigi.

Merapikan Struktur Gigi

Sekarang sudah sangat jelas apa alasan utama gigi sering ngilu. Jadi bukan serta merta karena adanya behel yang dipasang pada gigi Anda. Tapi jauh dari itu ada beberapa hal lain yang bisa menjadi faktor utamanya.

Artinya tidak perlu takut untuk merapikan gigi. Apalagi jika tujuan utamanya adalah untuk kesehatan. Namun jika Anda masih kurang yakin dengan memasang kawat gigi, ada cara lain yang bisa Anda pilih seperti yang ada di rata.id.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *