Rayap adalah hewan yang termasuk dalam keluarga serangga, yang merupakan anggota dari infraordo isoptera dan bagian dari ordo blattodea atau kecoa yang sudah banyak dikenal secara luas di Indonesia bahkan di dunia. Rayap ini juga dikenal bersahabat sekali dengan semut yang merupakan bagian dari keluarga serangga juga. Bahkan saking miripnya struktur tubuh mereka, rayap sampai dijuluki sebagai semut putih oleh sebagian orang dan uniknya dalam bahasa inggris pun rayap disebut white ant yang artinya semut putih.


Serangga yang satu ini alias rayap ini selalu membutuhkan membutuhkan selulosa untuk terus bertahan hidup. Sellulosa ini dapat diperoleh dari berbagai bahan, salah satunya yaitu terdapat pada kayu.
Karena rayap memakan kayu, mereka juga akhirnya banyak bertemat tinggal disana juga. Namun serangga rayap ini juga akan memberi manfaat sebagai dekomposer atau pengurai di dalam kayu tersebut serta dapat berperan dalam keseimbangan ekosistem alam.
Rayap dan protozoa kelas flagelata mereka memiliki hubungan simbiosis mutualisme yaitu simbiosis atau hubungan yang saling menguntungkan satu sama lain. Rayap memanfaatkan enzim selulase yang dihasilkan oleh si protozoa untuk digunakan dalam mencerna selulosa dari kayu. Sedangkan protoza memperoleh makanan, perlindungan, serta tempat tinggal anaerob dari si rayap.


Meskipun rayap dikenal sebagai pemakan dan perusak kayu, namun ternyata tidak semua kayu dapat diserang oleh serangga jenis rayap ini. Beberapa jenis kayu yang memiliki ketahanan dari serangan rayap adalah karena mereka memiliki kandungan zat atau senyawa dalam kayu tersebut contoh jenis kayu yang tahan dari rayap antara lain adalah kayu jati, kayu ulin, kayu bangkirai, dan juga kayu hitam.


Selain ada jenis rayap yang pemakan kayu, terdapat pula rayap yang makan tanah, dimana rayap jenis ini akan memerlukan mineral-mineral tanah untuk bertahan hidup, antara lain yaitu bahan organik dan silika yang berada dalam tanah.


Dalam mencari sumber bahan makanan, rayap kasta pekerja akan menemukan makanan dan di rayap pekeeja akan mengeluarkan jejak berupa senyawa kimia atau feromon penanda jejak atau trail following pheromone dari dalam tubuhnya yang kemudian akan dapat digunakan oleh rayap pekerja lain untuk mengikuti jejak rayap pekerja pendahulu tadi untuk menuju ke sumber makanan tersebut.


Seperti dijelaskan di atas, ada dua jenis makanan rayap yaitu dari bahan kayu dan dari bahan tanah. Karena memang mencari makannya di sana, hal ini yang menjadi kebanyakan orang merasa rayap begitu merugikan karena mereka akan makan kayu secara sembarangan yang ada di rumah, kantor, dan bangunan kita yang lain. Selain itu rayap juga akan menggerogoti tanah yang ada di bawah bangunan rumah kita atau yang ada di lingkungan sekitar kita.


Tapi anda warga tangerang tidak perlu khawatir karena sekarang semakin banyak jasa anti rayap yang bermunculan salah satunya adalah anti rayap tangerang yang siap membantu anda. Anti rayap tangerang akan siap membasmi rayap sampai ke telurnya dimanapun tempatnya, baik di rumah anda, kantor anda, ataupun bangunan anda yang lain. Harga yang diberikan pun tidak terlalu mahal bahkan bisa dibilang murah jika dibandingkan dengan kerusakan yang anda alami jika tidak menggunakan bantuan dari anti rayap tangerang. Anti rayap tangerang adalah jasa anti rayap profesional yang akan memberikan pelayanan terbaik dan garansi terbaik.

By Ningrum