Kebutuhan Software Akuntansi Berdasarkan Kompleksivitas Perusahaan

Sebelum menentukan budget membeli program untuk membantu manajemen keuangan perusahaan, sebaiknya inventarisir terlebih dulu kebutuhan tiap-tiap user di perusahaan. Langkah ini penting untuk menentukan key point software keuangan tipe apa yang benar-benar dibutuhkan.

Berapa dana yang Anda anggarkan untuk membeli sebuah software akuntansi? 10 juta, 50 juta atau bahkan diatas 100 juta?

Budget sebenarnya bukan patokan khusus karena sebenarnya harga software akuntansi yang mahal sekalipun belum tentu mampu mengakomodasi kebutuhan perusahaan. Resiko pembelian yang salah justru menjadi awal pemborosan dan tidak mampu menyelesaikan masalah keuangan. Jadi kebutuhan ini tergantung kompleksivitas perusahaan.

Kendati demikian harga software akuntansi juga wajib dihitung sebagai budget dalam daftar belanja, dengan catatan harus disesuaikan dengan kebutuhan tiap-tiap divisi.  

Kebutuhan Divisi Keuangan

Divisi ini memang berhubungan erat dengan masalah keuangan perusahaan. Aktivitas akuntansi yang bersifat standar seperti arus kas (cash flow), neraca, laba rugi serta laporan keuangan semua bermuara di divisi keuangan.

Untuk membantu kinerja divisi keuangan, pengadaan software akuntansi layak dipertimbangkan. Tak hanya mempermudah pengelolaan aktivitas akuntansi namun software ini nantinya juga membantu memantau kinerja bagian produksi atau proyek yang mencakup laporan pembayaran, penyelesaian proyek, laporan analisa penjualan dan lain-lain.

Kebutuhan Divisi HRD

HRD mempunyai tanggung jawab terkait kepegawaian atau ketenagakerjaan. Hadirnya accounting software atau HR software pada divisi ini sangat membantu dalam hal perekrutan karyawan, penghitungan gaji karyawan, pemberian kompensasi dan tunjangan, dan penilaian kinerja karyawan.

Melalui bantuan software akuntansi yang terintegrasi dengan software human resource (HR) maka HRD lebih mudah berkoordinasi dengan divisi keuangan terkait masalah perhitungan gaji karyawan beserta pajak-pajaknya bila ada.

Kebutuhan Divisi Sales

Kebutuhan software akuntansi di divisi ini bisa dikatakan paling krusial sebab divisi sales merupakan ujung tombak perusahaan. Pendeknya, tanpa adanya penjualan bisa dipastikan perusahaan akan kolaps atau gulung tikar. Kehadiran software akuntansi di divisi sales tentu saja mempermudah berbagai aktivitas seputar marketing seperti rincian order, ketersediaan stok barang, cara pembayaran, catatan nomor PO (pre-order) dan lain-lain.

Jika 3 departemen seperti diatas pada perusahaan Anda memang membutuhkan software akuntansi gunakan software terpercaya dan sudah digunakan oleh banyak perusahaan. Jawaban kebutuhan tersebut hanya Soltius Software Akuntansi.

Software dari Soltius ini tak hanya digunakan oleh perusahaan skala besar namun juga kalangan Usaha Kecil Menengah (UKM). Dengan fitur terlengkap dan keamanan data terjamin, Soltius Software Akuntansi adalah satu-satunya solusi manajemen keuangan perusahaan Anda.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *