Ini Tips Menentukan Fitting Pipa PVC Yang Tepat Dan Sesuai Kebutuhan

Untuk memasang sebuah saluran air, maka Anda akan membutuhkan fitting pipa untuk dapat menyambungkan antara bagian pipa satu dengan yang lainnya. Terutama dalam penggunaan pipa PVC, sifatnya yang kaku dan tidak bisa ditekuk membuat pipa jenis ini harus menggunakan fitting atau sambungan jika ingin membelokkan aliran air. Karena itulah, Anda juga perlu memilih pipa dan fitting yang tepat untuk pipa PVC.

Dilihat dari material bahan pembuatannya, fitting dibedakan menjadi beberapa macam yaitu fitting stainless, galvanis, kuningan dan lain sebagainya. Namun yang paling umum digunakan adalah fitting yang terbuat dari bahan PVC. Dalam hal ini, perlu diketahui bahwa bukan karna pipa PVC terbuat dari bahan plastik maka fittingnya juga harus dari bahan yang sama. Hanya saja untuk memudahkan pemasangannya maka jenis pipa PVC sebaiknya menggunakan fitting pipa dari PVC juga agar lebih pas.

Nah, jika Anda sedang mencari fitting yang tepat untuk pipa PVC supaya sesuai dengan kebutuhan. Berikut ini adalah tips untuk Anda:

  • Tentukan Jenis Fitting Pipa

Pada dasarnya ada beberapa macam jenis fitting yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Seperti fitting jenis socket yang memiliki bentuk lurus dan berguna untuk memperpanjang pipa dengan menyambungkan ke arah lurus, fitting elbow yang berbentuk siku untuk membelokkan aliran atau fitting Tee untuk membagi aliran menjadi dua arah. Selain itu ada juga jenis fitting lainnya, mulai dari yang berfungsi sebagai penyebar aliran hingga penutup saluran.

Tentukan juga apakah Anda ingin menggunakan jenis fitting dengan bagian drat atau ulir di luar atau di dalam. Jangan lupa juga untuk masalah ukuran, tentukan yang pas dengan pipa yang digunakan agar sambungannya kencang.

  • Pertimbangkan Harga dan Kebutuhan

Fitting PVC memiliki harga yang sangat bervariasi tergantung dengan jenis dan ukuranya. Mulai dari yang menawarkan harga terjangkau seperti fitting dari pipa rucika hingga yang memiliki harga sangat tinggi ataupun sangat rendah. Namun perlu diingat bahwa meskipun jenis dan merknya sama, kualitas fitting bisa saja berbeda. Hal ini karena fitting memiliki perbedaan tipe, ada tipe dengan kualitas nomor 1, ada juga yang medium. Di mana harga keduanya jelas berbeda.

Jadi untuk menentukan mana yang sebaiknya dipilih, sesuaikan pilihan dengan kebutuhan dan budget Anda. Jika Anda menggunakan pipa PVC kualitas nomor 1 maka fitting-nya pun sama, begitu juga bila menggunakan kualitas medium.

Itulah tips untuk Anda bisa menentukan fitting pipa PVC yang tepat sesuai kebutuhan. Dengan tips-tips diatas, Anda bisa mempertimbangkan mana fitting dengan jenis, tipe dan merk yang paling baik dipilih untuk digunakan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *