Fakta Mengenai Kayu Jati Belanda yang Terkenal Sangat Kuat

Pembuatan rumah membutuhkan banyak material serta biaya yang akan dikeluarkan dalam membuat rumah. Salah satu material utama yang wajib untuk dibeli dalam pembuatan rumah adalah kayu. Untuk kayu pun memiliki beragam jenis ditinjau dari kualitas dan biaya. Kebanyakan ketika orang menginginkan rumah dengan kualitas yang bagus biasanya menggunakan kayu jenis jati.

Alasannya adalah karena memang kayu jati adalah jenis kayu yang kuat dan kokoh dalam menyangga rumah. Bahkan kayu jati jika semakin berumur akan semakin kuat pertahanannya. Kayu jati juga masih memiliki beberapa jenis, salah satunya adalah kayu jati Belanda. Kayu jati Belanda memiliki keunikan yang berbeda dengan kayu jati lainnya. Di bawah ini ada beberapa fakta menarik mengenai kayu jati ini, antara lain:

  1. Bukan Dari Belanda

Dari namanya kayu ini memang menggunakan nama negara Belanda, namun kenyataannya kayu ini bukanlah berasal dari negeri Belanda. Nama ini muncul karena kayu ini sering diimpor ke luar negeri. Karena dulunya kebanyakan orang Indonesia memiliki asumsi bahwa luar negeri itu adalah Belanda. Dan akhirnya muncullah spekulasi bahwa kayu ini berasal dari Belanda. Padahal kayu ini bisa saja berasal dari negara Jerman dan Jepang, bukan hanya dari Belanda saja.

  • Karakteristik

Kayu ini memiliki karakteristik yang hampir mirip seperti kayu kaso yang sangat populer di kalangan masyarakat. Kayu ini memiliki bobot yang ringan, serta warna yang cukup cerah seperti kuning muda atau pun krem kayu. Untuk seratnya kayu ini memiliki tekstur yang halus dan masih sangat alami. Kayu ini juga memiliki tekstur yang sangat menonjol yakni tidak terlalu padat dan mudah dibentuk. Namun, hal menarik yang ada pada kayu jati ini ada pada alur urat dan mata kayu yang khas. Bahkan kayu ini ketika semakin tua akan memiliki patina. Patina sendiri adalah guratan alami yang memiliki nuansa unik dan menawan. Mungkin kayu ini sangat cocok untuk digunakan dalam furnitur antik.

  • Kegunaan dan Manfaat

Kayu jati ini biasanya digunakan dalam pembuatan furnitur. Kebanyakan kayu ini dianggap oleh orang sebagai kayu utama dalam pembuatan perabotan atau furnitur yang memanfaatkan guratan alami serta furnishing yang memiliki kesan natural. Kayu ini sering menjadi bahan dasar dari pembuatan jendela rumah, aksesoris rumah tangga, kerajinan tangan, dan kreasi kayu untuk menghiasi rumah. Bahkan perabotan yang menggunakan bahan dasar ini sangat mudah untuk dipindah-pindah serta efisien dalam penggunaannya.

  • Memiliki Banyak Julukan

Kayu ini memiliki banyak julukan yang tidak hanya dikenal dengan satu nama saja. Salah satu julukannya adalah kayu palet atau yang sering dikenal sebagai eks palet. Bahkan untuk beberapa orang dari Jawa memiliki sebutan yang cukup unik, yakni kayu jati Londo yang merupakan terjemahan dari bahasa Jawa. Di daerah lain kayu ini memiliki julukan sebagai kayu jati Madura. Hal ini dikarenakan kayu eks palet disana sering dikumpulkan oleh warga dan akhirnya diperjualbelikan oleh pengumpul yang memiliki etnis Madura.

  • Spesies

Kayu ini biasanya tumbuh di daerah Amerika dan benua Asia, termasuk negara Indonesia terutama di kawasan Sumatera seperti kayu pinus berjenis Tusam dan Merkusii. Dan kayu jati Belanda yang paling umum sering digunakan adalah jenis Pinus radiata yang diimpor dari negara New Zealand dan Pinus merkusii.

Itulah beberapa fakta menarik mengenai kayu jati Belanda yang perlu kamu ketahui. Mungkin dengan melihat fakta di atas kamu bisa mulai mempertimbangkan untuk menggunakan kayu jati jenis ini.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *