5 Tips Menghindari Penipuan Lelang Mobil

Bagi para pecinta otomotif yang ingin mengikuti lelang mobil, sudah pasti bisa mencoba untuk menerapkan sejumlah langkah yang tepat agar tidak terjebak pada penipuan atau SCAM. Sebagaimana diketahui, peluang untuk mnedapatkan mobil yang ekonomis dan berkualitas bisa didapatkan dengan mudah pada ajang yang satu ini. Namun, kalangan retail atau instansi tertentu wajib memahami beberapa hal terkait proses lelang itu sendiri. Jangan sampai terjebak dengan ajang lelang yang ternyata penipuan. Berikut tips mengantisipasinya:

1. Kenali Sumber Informasi Lelang

Tahap awal yang sebaiknya dilakukan dalam hal ini adalah mengenali dengan baik sumber informasi lelang tersebut. Jangan mudah percaya begitu saja dengan tawaran orang lain, apalagi yang tak dikenal dan memiliki kredibilitas kurang meyakinkan. Pasalnya, ada banyak penipuan lelang yang mengatasnamakan DJKN/KPNL dan lain sebagainya. Sudah pati semua itu harus mampu Anda antisipasi dengan baik.

2. Teliti Kendaraan Yang Akan Dilelang

Satu hal yang pasti, dalam mengikuti lelang mobil tersebut, Anda harus paham betul dengan kendaraan yang akan dilelang. Jangan sampai hal ini dimanfaatkan oleh oknum tak bertanggung jawab untuk menjual produk rongsokan kepada Anda. Carilah informasi-informasi yang dibutuhkan sebelum proses lelang berlangsung. Perhatikan pula hal-hal yang berkaitan dengan legalitas dari kendaraan yang dilelang tersebut.

3. Jangan Mudah Tergiur Penawaran Harga Murah

Kemudian, yang tak kalah pentingnya dalam hal ini adalah tidak begitu mudah terpengaruh dengan harga murah. Harga yang murah tentu mengundang berbagai spekulasi, salah satunya adalah kualitasnya yang dipertanyakan. Jika Anda menemukan barang dengan harga murah, khususnya otomotif, sudah pasti Anda harus mengedepankan rasa curiga dibandingkan rasa syukur. Bisa jadi Anda sedang berada dalam jebakan.

4. Utamakan Keamanan Saat Bertransaksi

Hal terpenting dalam mengikuti lelang mobil yang wajib untuk Anda lakukan adalah mengutamakan keamanan ketika bertransaksi. Selalu cek kembali nomor rekening dan juga nominal yang akan ditransaksikan. Jangan sampai karena kecerobahan dan ketergesa-gesaan membuat Anda melakukan transaksi tanpa keamanan. Baca dan perhatikan pula dengan baik prosedur jaminan pengembalian uang 100 persen pada peserta lelang untuk kondisi tertentu.

5. Pahami Prosedur Lelang, Jangan Malu Bertanya

Dalam penerapannya, sudah pasti Anda juga harus mampu memahami prosedur lelang yang ada di dalamnya dengan baik. Ketika Anda paham denganj prosedur tersebut, sudah pasti hal ini akan membantu Anda untuk bisa mengetahui langkah-langkah apa yang sebaiknya dilakukan. Persiapkan diri Anda dengan informasi sebanyak mungkin jauh-jauh hari sebelumnya. Jangan malu untuk bertanya kepada pihak penyelenggara secara detail. Tanyakan juga kepada rekan-rekan lain yang mengikuti acara lelang yang sama.

Mengikuti lelang mobil akan bisa tetap aman dan menguntungkan selama Anda memahami betul semua prosedur dan penerapannya dengan baik. Anda ingin mengikuti lelang mobil yang aman dan terpercaya silahkan kunjungi link berikut ini : https://www.ibid.astra.co.id


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *